Penyebab Radang Amandel Dan Cara Menyembuhkan Radang Amandel Tanpa Operasi

Radang Amandel
Amandel (tonsils) merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat pada tenggorokan dan semua orang memilikinya. Amandel membuat limfosit yakni sejenis sel darah putih yang bertugas membunuh kuman yang masuk melalui mulut. Bila amandel sehat sehat saja atau amandel agak membesar tapi tidak mengganggu jalan pernafasan atau menimbulkan sakit, maka tidak perlu di apa-apakan. Amandel yang perlu diobati adalah amandel yang meradang.

Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi di mana amandel mengalami peradangan atau inflamasi. Meski umumnya dialami oleh anak-anak usia 3 sampai 7 tahun, radang amandel juga dapat terjadi pada orang dewasa.

www.yualfa.com
Cara Menangani sakit Amandel dengan Cara alami

Penyebab Radang Amandel
Radang amandel atau tonsilitis dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab radang amandel yang paling sering adalah infeksi virus. Selain infeksi virus radang amandel juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi bakteri itu kadang dibawa oleh makanan yang tak sehat, terlalu sering minum air es.

Ciri Ciri Amandel yang Terinfeksi
Ciri ciri ini bisa dilihat sendiri dengan senter dirumah dengan bantuan orang lain atau dengan kaca sendiri atau kalau anda ragu bisa langsung konsultasi ke dokter maka dokter akan tau amandel terinfeksi atau tidak. Berikut ciri ciri nya :
  1. Tenggorokan sakit
  2. Apabila tenggorokan digunakan makan agak terasa sakit bisa jadi amandel terinfeksi.
  3. Amandel Bengkak dan memerah
  4. Amandel yang terinfeksi biasanya memerah dan bengkak kadang bernanah juga.
  5. Ada bercak bercak putih atau bintik bintik
  6. Suara Hilang dan serak
  7. Amandel yang Terinfeksi biasanya menimbulkan demam,sakit kepala,mual,muntah muntah,lemas tidak bersemangat bahkan susah bernafas.

Cara Mengobati atau Menangani Radang Amandel

ketika terjadi peradangan amandel sebaiknya segera periksakan kondisi nya ke dokter, karena dokter akan tahu tentang bagaimana penanganan selanjutnya dan mengetahui seberapa parah tingkat peradangan amandel, karena jika radang amandel tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat maka bisa menimbulkan penyakit yang lain (komplikasi), diantara nya kesulitan menelan, infeksi akan menyebar ke organ lain, dan amandel kadang akan bernanah.
Penanganan radang amandel dapat dilakukan dengan cara operasi, pemberian obat, atau cukup dengan perawatan rumah.

Selain berkonsultasi ke dokter terdapat pula resep resep tradisional yang bisa di gunakan untuk pengobatan radang amandel.
Resep 1:
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, potong-potong,rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal ΕΎ saring. Kumur-kumur dengan airnya dan diminum. Lakukan 3-4 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

Resep 2:
Seibu jari kunyit diparut, seduh dengan segelas air, beri perasan air jeruk nipis dan sesendok makan madu. Minum sekali sehari.

Resep 3:
Beberapa helai daun mengkudu di cuci, rebus sampai matang. Makan sebagai lalap. Namun setiap setengah jam sekali berkumur dengan air ramuan (resep ini juga bisa mengobati tenggorokan).

Resep 4:
5-10 daun sosor bebek dicuci, bilas dengan air masak, tumbuk sampai halus, peras, saring. Gunakan air tersebut untuk berkumur.

itulah beberapa resep herbal untuk menyembuhkan radang amandel, namun alangkah baik nya jika berkonsultasi dengan dokter.

Sumber: Buku Apotik Hidup

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Radang Amandel Dan Cara Menyembuhkan Radang Amandel Tanpa Operasi"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar ...

Boleh Share Link tapi jangan mengCopy paste tulisan di Blog ini ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel