Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan Anak

Dijaman Milenial ini melihat anak bermain Smartphone sudah tak asing lagi, bahkan bayi berusia 3 tahun pun sudah mahir memainkan smartphone, mengetahui bagaimana caranya menonton video di youtube, bahkan anak sampai lupa makan dan bermain saking asiknya menonton youtube.

Memang tak semua orang tua memperbolehkan anak nya bermain semartphone tapi dijaman milenial ini orang tua malah lebih sering memberikan mainan smartphone daripada mengajak nya bermain yang lain, karena memberikan smartphone dianggap lebih memudahkan orang tua untuk mengasuhnya. 

Bagaimana tidak, lihat saja ketika anak asik bermain ponsel orang tua bisa mengerjakan pekerjaan lain, tapi walaupun sepele kebiasaan membiarkan anak menatap layar ponsel terus menerus akan membuat daya penglihatan anak berkurang.

www.yualfa.com
Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan Anak

Menurut dr. ahli spesialis mata menggunakan smartphone secara terus menerus akan mengakibatkan otot otot mata mengalami ciliaris.

Gangguan ciliaris ini dalam jangka yang panjang akan membuat bola mata menjadi minus. Selain berpotensi membuat mata menjadi semakin minus, ada beberapa efek negatif lain jika sering menatap layar ponsel terlalu lama, apalagi jika ponsel yang dimainkan anak terlalu tinggi kontrasnya. Tentu akan lebih banyak efek yang ditimbulkan

Berikut ini Beberapa Bahaya Layar Ponsel Bagi Kesehatan Anak

1. Mengakibatkan Mata Anak Menjadi Merah
Bahaya sinar hp bagi anak adalah membuat mata anak menjadi merah. Bagian pinggiran retina mata pada anak akan terlihat kemerah-merahan.

Mata yang kemerah-merahan itu akan terasa sakit jika dalam waktu beberapa menit tidak berkedip. Jika kondisi mata sudah seperti ini, anak biasannya akan sering menangis. Dalam tingkat yang lebih parah, mata yang sudah memerah akan disertai pula dengan gejala pusing kepala.

2. Mata Menjadi Lelah

Karena terus menerus menatap layar HP anak akan mengalami kelelahan pada mata nya, dalam kondisi ini mata akan cenderung berair.

3. Berkurang nya Interaksi anak dengan Lingkungan Sosial
Bagi perkembangan psikomotorik-sosial. Penggunaan HP bagi anak-anak akan menghambat perkembangan sosial. Anak tidak lagi mampu merespon teman-teman sebayanya di sekitar dengan baik.

Sehingga interaksi anak dengan lingkungannya akan minim. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, apalagai pemakaian smartphone-nya dalam jangka waktu yang lumayan lama. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang suka menyendiri.

4. Meningkatkan Resiko Kanker Mata
Yang lebih parah, sering nya menatap layar HP  bagi anak dapat meningkatkan resiko kanker mata. Gejala kanker mata akibat sinar HP ditandai dengan membengkaknya daerah kelopak mata. Bagian pupil, organ yang berfungsi sebagai reseptor cahaya akan memudar.

walaupun kemungkinan resiko kanker mata sangat kecil,alangkah baik nya sebagai orang tua membatasi anak anak nya untuk tak terlalu berlebihan menggunakan smartphone, karena jika anak sudah tercandu smartphone akan sangat sulit menghentikan nya.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan Anak"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar ...

Boleh Share Link tapi jangan mengCopy paste tulisan di Blog ini ya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel